Cara Memulai Usaha Jahit

Anda dapat mencoba memulai usaha jahit, jika anda bingung untuk mencari lapangan pekerjaan. Dengan modal di bawah 2 juta rupiah, anda bisa memulai usaha jahit ini. Anda akan berkesempatan untuk mendapatkan berbagai macam keuntungan dari menjahit.
Untuk itu, demi melancarkan usaha jahit milik anda, anda perlu memperhatikan cara memulai usaha jahit yang meliputi beberapa aspek



A.  hal yang harus diperhatikan, seperti misalnya  :

1. Anda harus memiliki keahlian menjahit baju. Ini hal yang paling penting. Walaupun nantinya anda akan mempekerjakan karyawan untuk usaha jahit anda ini, tetap saja anda harus memiliki keahlian, agar anda bisa mengajarkan karyawan anda bagaimana cara menjahit yang baik.
2. Pembelian mesin jahit. Anda bisa membeli mesin jahit dengan cara kredit jika modal anda kurang, kemudian anda bisa bayar dari hasil usaha jahit anda. Atau anda juga bisa membeli mesin jahit second namun masih bisa digunakan, agar mengehemat modal Anda. atau dengan cara cash
3. Mempunyai ide kreatif yang berkaitan dengan model pakaian, agar menjadi daya jual tersendiri untuk usaha jahit anda.


B. Tips cara memulai usaha jahit yang perlu anda perhatikan seperti berikut :

1. Mencari penjahit berpengalaman yang dapat diajak bekerjasama.
Anda dapat memilih untk mencari penjahit yang tidak memiliki banyak pengalaman namun terampil, karena mencari penjahit berpengalaman dapat menghabiskan banyak modal. Anda dapat menyebarkan info lowongan melalui media internet agar tidak menyulitkan anda untuk mencari penjahit karena .

2. Mencari tempat usaha yang strategis.
Anda perlu memiliki lokasi tempat bekerja yang strategis untuk mendapatkan banyak pelanggan. Dengan demikian, banyak pengunjung yang akan datang meminta jasa anda. Namun anda juga bisa memulai usaha jait ini di rumah Anda, dengan begitu akan menghemat modal yang anda keluarkan.

3. Selalu mengedepankan hasil yang up to date.
Jika anda tidak mengikuti perkembangan zaman anda akan kalah saing dengan beberapa penjahit yang ada disekeliling usaha jahit anda. Dengan mencari informasi sebanyak-banyaknya mengenai model terbaru anda dapat mengatasi persaingan usaha ini. Anda dapat memajang hasil karya terbaru anda agar masyarakat tahu hasil kerja anda.

4. Tips promosi untuk memulai usaha jahit

Untuk mengenalkan kepada masyarakat bahwa anda sedang memulai usaha jahit, maka anda bisa lakukan dengan cara ini :
  1. Pemasaran dari mulut ke mulut ini adalah salah satu cara promosi yang gratis, murah, dan efektif apalagi untuk memulai usaha jahit  anda yang dijalankan di rumah.
  2. Membuat banner, jika anda memulai usaha jahit di pinggi jalan, maka cara promosi yang satu ini harus anda ikuti. karena dengan memasang banner di depan toko usaha anda, maka orang-orang yang berlalu lalang akan melihat usaha anda.
  3. Aktif menawarkan kerjasama/membuat proposal penawaran terhadap instansi-instansi tertentu (sekolah, kantor, dll). Misalnya penawaran baju seragam, baju sekolah, baju olah ragam dll
C. Modal Usaha Jahit


Untuk memulai usaha jahit ini paling tidak anda bisa menyediakan mesin jahit, mesin obras jika ditotal modal untuk membelinya sekitar 1-2 juta rupiah.
Kemudian ditambah dengan peralatan lain seperti misalnya benang, jarum, gunting khusus jahitan, penggaris sekitar 100 ribu (harga ini bisa saja berbeda di masing-masing tempat anda membelinya)
Anda bisa mengambil keuntungan dari jasa dan selisih biaya bahan-bahan yang dipakai untuk menjahit. Untuk jasa jahitnya anda bisa mendapatkan mulai dari 30%-50%.

Sekian cara memulai usaha jahit, saya harap anda dapat membangun usaha yang sukses. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Jika anda ingin mengatahui cara bisnis online terbaik silahkan klik Cara Bisnis Online Terbaik : cara mendapatkan uang dari internet. Baca juga Usaha di Lingkungan Sekolah

2 komentar:

  1. Cara Memulai usaha jahit yang bagus, sangat menginspirasi untuk pebisnis yang membuka jahit
    salam kenal Saya distributor salah satu sayur organik yang terkenal di Indonesia dan sangat berhasiat untuk kesehatan yaitu Melilea Greenfield Organic link nya di http://melilea.web.id/melilea-greenfield-organic/ Sukses terus bisnisnya yaa

    BalasHapus
  2. Terimakasih artikel bisnisnya sangat inspiratif dan bermanfaat.. Salam kenal Saya distributor Melilea Greenfield Organic suka sekali artikel tentang bisnis, dan peluang usaha dan bisnis

    BalasHapus