Bisnis Sukses Kuliner Ketoprak

Ketoprak merupakan makanan khas Indonesia yang populer di masyarakat. Sama seperti gado - gado, ketoprak juga berasal dari jakarta atau betawi. Cara untuk menyajikan ketoprak juga tidak jauh beda dengan gado - gado, yakni dengan menggunakan bumbu kacang. Bedanya hanya isinya, gado - gado menggunakan sayuran sedangkan ketoprak menggunakan ketupat dan bihun. Ketoprak juga dilengkapi dengan toge, tahu dan kerupuk. Untuk memperkaya cita rasa tidak lupa menambahkan kecap manis. Nah disini saya akan mengulas mengenai bisnis sukses kuliner ketoprak.








Bahan Baku

Yang dapat membedakan rasa ketoprak anda dengan ketoprak lainnya adalah dari bumbu kacang. Maka dari itu, anda harus memilih kacang tanah yang berkualitas untuk bahan baku ketoprak anda. Selain itu, anda juga harus memilih beras yang bagus sehingga lontong/ketupat anda menjadi lezat dan legit. Pilih juga bahan tambahan seperti sayuran, tahu, dan kerupuk yang masih segar dan belum berbau.


Tempat Usaha

Umumnya, ketoprak dijual berkeliling disekitar perumahan atau tempat-tempat ramai lainnya, seperti kampus, pasar, dan daerah perkantoran. Kini, banyak juga penjual ketoprak yang menyewa sebuah tempat usaha di kawasan-kawasan yang memang ramai, terutama di waktu jam makan siang dan makan malam. Misalnya, di sekitar perkantoran, sekolah, dan kampus. Itu karena ketoprak adalah jenis makanan yang umumnya dikonsumsi sebagai menu makan besar.


Perlengkapan Usaha

Jika anda ingin menjual ketoprak keliling anda harus memiliki gerobak. Namun jika anda ingin menjual ketoprak di kedai anda bisa menggunakan estalase jika tidak memiliki gerobak. Perlengkapan lain yang anda harus miliki  adalah wajan, spatula, kompor, gas tabung, wadah, kaleng kerupuk, pisau, serta peralatan makan lainnya.


Karyawan

Jika usaha anda masih dalam skala kecil kemungkinan anda tidak memerlukan karyawan, karena anda masih bisa menanganinya sendiri. Namun jika usaha anda sudah menjadi skala besar, anda harus memiliki karyawan agar tetap menjaga pelayanan yang prima, sehingga pembeli tidak berlama-lama menunggu pesanannya karena telah ada yang membantu anda dalam proses pembuatan serta pelayanan. Jika anda ingin merekrut karyawan, sebaiknya anda melatih karyawan anda untuk meracik ketoprak seenak buatan anda. Ketika sedang ramai pengunjung, karyawan anda bisa membantu menyiapkan ketoprak yang di pesan pembeli.


Promosi

Untuk ajang promosi usaha anda, anda dapat mencoba merenovasi gerobak ketoprak anda agar menjadi lebih menarik serta mempunyai kekhasan. Gerobak yang unik tersebut dapat menarik peminat ketoprak yang anda jual maka akan banyak yang datang untuk membeli ketoprak anda. Selanjutnya, agar dapat mempertahankan pelanggan setia, yang anda harus lakukan yaitu menjaga kulitas cita rasa ketoprak anda. Jika pelanggan anda merasa puas dengan ketoprak buat anda maka kemungkinan besar para pelanggan anda akan memberi tahu kepada orang-orang bahwa ketoprak jualan anda sangat enak, sehingga dapat menarik minat para calon konsumen, yang seperti ini juga termasuk promosi gratis dari mulut ke mulut.


Harga Ketoprak

Harga seporsi ketoprak kisaran Rp 5.000 - Rp 7.000. Penetapan harga sebaiknya anda sesuaikan dengan lokasi anda membuka usaha. Jika anda berjualan disekitar kampus atau sekolah sebaiknya anda memberikan harga rendah. Bahksa usahakan harganya lebih murah daripada jenis-jenis makanan serupa di daerah tersebut. Namun jika anda berjualan di daerah sekitar pasar, perkantoran, dan perumahan, harga ketoprak yang anda jual bisa sedikit dinaikan namun tetap memperhatikan persaingan harga di daerah tersebut.


Risiko Usaha

Banyak jenis kuliner di sekitar lokasi usaha Anda dapat mengurangi pembeli ketoprak buatan anda.  Selain bersaing harga, anda juga bisa bersaing dengan vasiasi isi ketoprak anda, Anda bisa menambahkan telur, kerupuk, udang, atau menambahkan sayuran. Dengan begitu anda tidak kehilangan para pelanggan anda.


Sekian beberapa ulasan mengenai bisnis sukses kuliner ketoprak yang dapat saya sampaikan, semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk anda. Jika anda ingin mengetahui bisnis kuliner lainnya, anda bisa mengunjungi Bisnis Rumahan Hasil Jutaan. Baca juga Bisnis Kuliner Rumahan Gado-gado

1 komentar:

  1. Senang sekali ketemu artikel ini, membahas peluang usaha kuliner yaitu ketoprak, usaha makanan ketoprak sepertinya cocok dilakukan untuk guru, apalagi di kota kota besar padat penduduk seperti, Jakarta, Bekasi, Bogor, bandung dan surabaya

    Salam kenal Saya distributor Skincare Melilea Botanical
    suka sekali artikel tentang bisnis, dan peluang bisnis

    BalasHapus